DKPP Lumajang Salurkan Bantuan Pupuk Nonsubsidi ke Petani Tembakau Mitra

  • Whatsapp

Lumajang, SonaIndonesia.com – Bantu meringankan beban petani tembakau, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Lumajang menyalurkan bantuan pupuk nonsubsidi ke petani tembakau mitra, Sabtu (22/10/2022). Dana bantuan itu berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

“Bantuan ini berasal dari dana cukai mas, sehingga layak diberikan ke petani tembakau yang menyumbangkan dana cukai melalui hasil pertaniannya,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lumajang, Khairil Diani saat dikonfirmasi.

Bacaan Lainnya

Lebih dari 54 ton pupuk jenis NPK Nonsubsidi dibagikan ke ratusan petani tembakau di wilayah Kabupaten Lumajang, baik petani tembakau yang bermitra dengan PT Indonesia Dwi Sembilan (IDS) maupun PT Alliance One Indonesia (AOI).

Sementara itu, proses penyaluran bantuan pupuk ini dilakukan melalui Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). “Alhamdulillah proses penyalurannya sudah selesai mas, selama satu mingguan,” ujar Ketua APTI Lumajang, Dwi kepada SonaIndonesia.com.

Berdasarkan data dari APTI terdapat 33 Kelompok Tani Tembakau yang tersebar di 10 Kecamatan, dengan luasan lahan pertanian tembakau mencapai 400 hektar lebih. (rokhmad)