Guna Menekan Angka Kecelakaan, Polres Blitar Merazia Pelajar Bermotor

oleh -118 views

Blitar, SonaIndonesia.com – Guna menekan dan mengurangi kecelakaan yang rata-rata korbannya adalah siswa-siswi pelajar usia antara 16-17 tahun, Polres Blitar menggelar razia terhadap para pelajar berkendara, Rabu (03/01). Razia yang dilakukan di wilayah Jalan Raya Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar ini, dipimpin langsung Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya, dan didampingi Kasat Lantas AKP Argya Bhawana.

Guna menekan angka kecelakaan di kalangan pelajar, Polres Blitar menggelar razia terhadap para pelajar yang berkendara di Jalan Raya Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. (Foto: mua)

Dalam Razia tersebut, petugas Polres Blitar menindak secara langsung (tilang) para pelajar yang melanggar, sehingga  ratusan motor diamankan petugas.

“Kami melakukan razia ini, untuk menekan terjadinya kecelakaan sedini mungkin, selain kasihan terhadap generasi penerus bangsa ini. Karena angka kecelakaan cukup mencengangkan. Untuk  kurun waktu satu tahun di tahun 2017, angka kecelakaan yang mengakibatkan MD (meninggal dunia) sangat tinggi,” tegas AKBP Slamet Waloya, Kapolres Blitar.

Dalam razia ini, jenis pelanggaran yang banyak dilakukan para pelajar di antaranya, mengendarai kendaraan tanpa memiliki SIM, ada pula tanpa dilengkapi surat-surat kendaraan, dan ada banyak para pelajar yang tidak memakai helm. Bahkan ada puluhan pelajar berboncengan motor tiga orang tanpa mengenakan helm, juga ada motor yang sudah di modifikasi sedemikian rupa.

AKBP Slamet Waloya menambahkan, angka kecelakaan pada kurun waktu tahun 2107 di kalangan pelajar cukup tinggi. Selama tahun 2017  telah terjadi kecelakaan sebanyak 119 kasus yang melibatkan pelajar, dalam kecelakaan tersebut yang  meninggal dunia sebanyak 22 pelajar, sedang untuk tersangka kecelakaan dari kalangan pelajar ada 55 tersangka.

”Jadi ini perlu mendapat perhatian tersendiri, untuk itu saya menghimbau dan mengharapkan, seluruh para orang tua pelajar untuk diperhatikan hal ini. Kasus ini tidak main-main, maka hari ini saya melakukan razia, kita secepatnya koordinasi  dengan berbagai pihak,” papar Kapolres  Blitar ini.

Pihak Kepolisian Resort Blitar juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait, guna mengantisipasi permasalahan para pelajar yang pergi ke sekolah mengendarai sepeda motor, meskipun usia mereka masih di bawah umur. (mua)