Kabupaten Pringsewu Kembali Raih Penghargaan Upaya Mengurangi Rokok

oleh -51 views
Wakil bupati Pringsewu sedang melakukan video conference dengan Kementrian Kesehatan pada hari tanpa tembakau kamis siang (31/5). (Foto: SonaIndonesia.com/asp)

Pringsewu, SonaIndonesia.com – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2018, Menteri Kesehatan RI melakukan video conference dengan enam pemerintah daerah se Indonesia.

Keenam daerah tersebut adalah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Pemerintah Kota Kediri Jawa Timur, Pemerintah Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu Lampung.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi  pada kesempatan tersebut melakukan komunikasi dua arah dengan  Menteri Kesehatan RI melalui fasilitas video conference dari Aula Utama Kantor Sekretariat Pemkab Pringsewu, Kamis (31/5).

Prof.Dr.dr.Nila Farid Moeloek dari Kantor Kementerian Kesehatan RI pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu yang telah 2 kali menerima penghargaan yakni Pastika Parahita pada 2017 lalu, serta Pastika Parama  yang baru saja diterima langsung oleh Bupati Pringsewu Sujadi di gedung Kementerian Kesehatan RI, karena telah memiliki Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sekaligus telah mengimplementasikannya.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Pemkab Pringsewu telah melakukan sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu No.04/2014 tentang  KTR ke seluruh OPD dan sekolah-sekolah, termasuk membangun 5 smoking area di komplek perkantoran Pemkab Pringsewu.

Pemda juga menandatangani MoU dan Perjanjian Kerja Sama di seluruh OPD, melakukan review implementasi KTR bersama Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, OPD terkait serta sekolah, disamping menggelar pelatihan upaya berhenti merokok, dan mengoptimalkan dukungan layanan UBM dengan berhenti merokok.

Pada kesempatan tersebut, juga turut  dibacakan Deklarasi lmplementasi Kawasan Tanpa Rokok Kabupaten Pringsewu oleh para pejabat Pemerintah Kabupaten Pringsewu, serta para siswa dan mahasiswa, para guru, serta tamu dan undangan yang hadir.

Sementara itu, pada waktu dan  acara yang sama di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Bupati Pringsewu Sujadi menerima penghargaan Pastika Parama dari Menteri Kesehatan RI.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah untuk daerah yang menetapkan Kawasan Tanpa Rokok sekaligus telah mengimplementasikannya. (Asp)