Penikmat Kuliner : Memburu Resep Turunan Tahu Campuran Pati

oleh -496 views
Penikmat kuliner sedang mencoba masakan tahu campuran masakan khas tradisional Pati yang berada tak jauh dari alun alun Kota Pati. (Foto: SonaIndonesia.com/hel)

Pati, SonaIndonesia.com – Anda pemburu kuliner Nusantara.? Penikmat masakan tradisional Jawa yang kaya ramuan tradisional.? Saatnya mencoba masakan tahu campuran yang berada di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Rasanya kurang lengkap jika anda berkunjung ke Pati tidak mampir ke kios warung makan simpang lima tak jauh dari alun alun Kabupaten Pati.

Di tempat ini berderet  warung makan yang menawarkan kuliner khas Kota Pati, salah satunya tahu campuran.

Kalau anda penikmat kuliner kupat tahu Magelang, maka tahu campuran ini mirip sekali dengan kupat tahu Magelang, sama sama menggunakan bumbu kacang yang dihaluskan. Namun, setelah kita rasakan ternyata ada yang beda. Rasa bawang putih di dalam bumbu kacang Tahu campuran sangat terasa sekali.

“Tamu yang datang sebagian besar suka dengan aroma dan rasa bawang putih,” terang Yuli penjual tahu campuran.

Yuli yang mengaku menggunakan resep turunan dari nenek moyangnya ini menambahkan masakan yang ia jual setiap hari yang paling laris adalah tahu campuran komplit.

Penjual tahu campuran di Pati, Yuli mengaku menggunakan bumbu resep tradisional turun temurun. Warung milik Yuli ini menjadi salah satu warung favorit dan dikenal dengan bumbu khasnya. (Foto: SonaIndonesia.com/hel)

Menu tahu campuran komplit dijual seharga 14 ribu rupiah sudah termasuk nasi. Tahu telor seharga 12 ribu rupiah dan tahu gimbal termasuk nasi dijual 12 ribu rupiah. Gimbalnya terdiri dari udang yang digoreng dengan tepung.

“Yang paling laris adalah tahu campuran komplit. Sehari saya bisa laku rata rata 200 porsi. Jika hari libur bisa mencapai 300 porsi,” kata Yuli.

Bagi pelanggan rasa tahu campuran di warung Yuli sangat berbeda karena tahu telornya diperas sehingga walaupun digoreng tidak terasa berminyak.

Alun alun Pati menjadi salah satu pusat keramaian kota pada hari libur dan malam minggu. Lokasi warung tahu campuran tidak jauh dari alun alun Pati. (Foto: SonaIndonesia.com/hel)

“Saya suka masakan tahu campuran mbak Yuli disini karena tahu telornya kering dan tidak berminyak. Saya nggak tahu bagaimana cara tahunya benar’benar kering,” ungkap Helga, penikmat kuliner dari Jakarta.

Nah tunggu apa lagi jika anda berkunjung ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah jangan lupa mampir ke alun alun kota Pati dan singgahlah di kios warung makan sambil menikmati masakan khas Pati, tidak hanya tahu campuran beragam masakan khas Pati tersedia disini. Selamat mencoba…. (hel)