Remaja Muslim Al-Mishbah Tangerang Isi Bulan Ramadhan Dengan Kajian Islam dan Nobar

oleh -227 views
Peserta pesantren kilat masjid Al-Mishbah Ciledug Indah 2 Tangerang sedang mendengarkan materi menjadi remaja zaman now. (Foto: SonaIndonesia/raf)

Tangerang, SonaIndonesia.com – Mengisi waktu di bulan ramadhan dengan kegiatan positif dan menghadiri majelis ilmu dilakukan oleh para remaja muslim di perumahan Ciledug Indah 2 Kota Tangerang. Selain mendapatkan pahala karena mengkaji ilmu, berkumpulnya para remaja muslim ini juga bermanfaat untuk meningkatkan persaudaraan dan silaturahim diantara mereka.

Salah seorang peserta remaja muslim Dear maju ke depan berdialog dengan pemateri Purnomo Al-Fatih. (Foto: SonaIndonesia.com/raf)

Mereka berkumpul dalam sebuah acara pesantren ramadhan yang diselenggarakan DKM Al-Mishbah Ciledug Indah 2 bekerjasama dengan Team Generasiku dan JPRMI (Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Kota Tangerang). Selama 1 hari semua peserta dibekali materi tentang peran pemuda dan remaja muslim di zaman now, managemen kepemimpinan, permainan dan cara memecahkan persoalan serta nonton bareng.

Acara dibuka oleh Anis Rahman dengan membaca basmalah dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi kemudian sambutan ketua DKM Al-Mishbah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan kami mengucapkan terima kasih kepada team generasiku, JPRMI kota Tangerang atas kerjasamanya dalam rangka membina dan mengarahkan remaja remaja muslim yang berada di sekitar masjid menjadi remaja yang berkualitas dan berprestasi serta membanggakan orangtua,” kata H.R. Insan Kamil ketua DKM Al-Mishbah.

Para remaja menyambut baik kegiatan ini dan berharap di masa akan datang kegiatan serupa bahkan lebih baik bisa kembali digelar.

“Acaranya bagus, fun dan tidak membosankan. Materinya bermanfaat bagi kami yang masih remaja,” kata Galuh, salah seorang peserta remaja putri dari SMAN 3 Kota Tangerang.

Di tengah tantangan perkembangan zaman yang semakin menglobal maka filter keimanan dan keislaman harus terus ditanamkan kepada remaja muslin agar mereka tidak tergerus oleh budaya yang mempertontonkan aurat, budaya lain yang dapat merusak jiwa generasi muda muslim. Di tempat ini mereka justru diajak untuk mengaji, belajar kisah inspiratif nabi, para sahabat nabi serta tokoh tokoh muslim lainnya dan permainan positif yang mengasah konsentrasi fikiran peserta.

Peserta pesantren kilat serius mendengarkan nasehat dari ketua DKM Al-Mishbah (Foto: SonaIndonesia.com/raf)

Acara game interaktif menjadi materi favorit peserta karena dalam permainan ini semua peserta terlibat aktif bergembira, belajar memecahkan masalah bersama, melatih keberanian di muka umum serta belajar bekerja dalam kelompok

Sejumlah pemateri pesantren ramadhan DKM Al-Mishbah diantaranya ustadz Purnomo Al-Fatih, ustadz Haswardi (JPRMI), ustadz  Anis Rahman, ustadz  Ahmadi dan ustadz Supri dari team kepemudaan generasiku. Pesantren ramadhan diakhiri dengan buka puasa bersama sekaligus pengukuhan remaja masjid Al-Mishbah oleh ketua DKM Al-Mishbah. (raf)