Robertus Ray : Manfaatkan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

oleh -97 views
Rakor Sinergisitas Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Serta Percepatan Finalisasi Penyusunan APBDesa tahun 2018. (Foto: SonaIndonesia.com/Ama Adonara)

Maumere, SonaIndonesia.com – Pemanfaatan dana desa menjadi sorotan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sikka, Robertus Ray, Sos. Karena itu agar dana desa benar benar dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat maka perlu pendamping desa yang mampu membantu kerja para kepala desa. Pendamping desa selain memiliki peran penting membantu kepala desa dalam merumuskan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat, juga pro akktif dalam memberikan solusi terhadap program kerja yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa)

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sikka, Robertus Ray, mengatakan Pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Kabupaten Sikka yang berjalan sejak tahun 2015 masih belum optimal. Hal ini karena terbentur berbagai persoalan diantaranya kualitas aparat desa yang belum memadai, pendampingan dari para pendamping profesional belum maksimal serta pembinaan dan pengawasan aparat di tingkat kecamatan yang belum memadai. Terkait dengan kekurangan ini, menurut Robertus Ray, harus ada program pelatihan guna meningkatkan kapasitas aparatur.

“Tidak ada cara lain selain dilakukan pelatihan atau sosialisasi kepada semua aparat desa sehingga mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadai terkait pemanfaatan dana desa yang pada tahun 2018 ini nilainya berkisar antara Rp 700 juta hingga lebih dari Rp 1 miliar untuk setiap desa yang ada di wilayah Kabupaten Sikka ini,” kata Robertus Ray.

Ditambahkan Robert Ray, pemanfaatan dana desa diprioritaskan pada dua bidang yakni bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Tetapi, berdasarkan ketentuan Undang Undang (UU), pengelolaan keuangan desa bisa dilakukan dalam sejumlah bidang lain diantaranya bidang penyelenggaraan masyarakat desa, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sikka, Robertus Ray, S.Sos menyoroti pemanfaatan dana desa. (Foto: SonaIndonesia.com/ama adonara)

Robertus Ray, yang juga mantan Kabag Humas Setda Sikka itu pada kesempatan itu juga mengajak semua pihak untuk senantiasa memanfaatkan dana desa yang  nilainya tergolong besar itu secara baik untuk kepentingan masyarakat banyak. “Hindari perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme. Karena hanya dengan demikian, dana yang nilainya cukup besar ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat banyak,” katanya. (Ama Adonara)