Delapan Indikator Desa Berprestasi Di Lampung Timur, Inilah Penilaiannya ….

oleh -259 views
Muspida Lampung Timur membentuk panita penilaian lomba desa. (Foto: sonaindonesia.com/asp)

Lampung Timur, SonaIndonesia.com – Ada yang berbeda di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik kali ini. Tahun ini Desa Pugung Raharjo mengikuti Lomba desa dan kelurahan berprestasi tingkat Kabupaten Lampung Timur. Lomba ini bertujuan mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa di wilayah Kabupaten Lampung Timur.

Melalui lomba ini Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan dalam memajukan dan memberdayakan warganya. Salah satu yang ingin diketahui adalah sejauh mana dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu.

Adapun Indikator penilaian meliputi :

  1. Pendidikan,
  2. Kesehatan masyarakat,
  3. Ekonomi masyarakat,
  4. Keamanan dan ketertiban,
  5. Partisipasi masyarakat,
  6. Pemerintahan,
  7. Lembaga kemasyarakatan,
  8. Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga .

Sumarlan, Kepala Desa Pugung Raharjo memaparkan perkembangan pembangunan di depan Tim Penilai yang terdiri dari beberapa unsur SKPD. Tim penilai dipimpin Asisten 1 Drs Tarmizi dan Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Lampung Timur Drs Suhaimi. Selanjutnya, pemenang lomba akan mewakili Kabupaten Lampung Timur mengikuti lomba desa tingkat Provinsi.

Penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada. (asp)