Gubernur NTT : Program Pembangunan Daerah Menjadi Prioritas

oleh -70 views
Gubernur NTT Frans Lebu Raya (merah) bersama Wali Kota Kupang Periode 2012-2017 Jonas Salean dalam acara kampanye. (Foto: SonaIndonesia.com/Ade Putera)

Kupang, SonaIndonesia.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya meminta seluruh jajarannya hingga ke kabupaten dan kota tetap berkomitmen mengimplementasikan seluruh program kerja daerah kendati ada keterbatasan keuangan.

“Lakukanlah terus upaya untuk memadukan program dan kegiatan pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” kata Lebu Raya di Kupang, Jumat (20/4/2018).

Menurut Gubernur, berkat kerja sama dan sinergitas yang telah terjalin selama ini, banyak hasil yang telah dicapai. Dalam bidang perekonomian, pertumbuhan ekonomi NTT selama empat tahun terakhir selalu berada di atas rata-rata nasional. Tahun 2017, pertumbuhan ekonomi NTT berada di angka 5,16 persen di atas rata-rata nasional senilai 5,07 persen. Kualitas pertumbuhan ekonomi juga sangat baik dengan rasio gini atau ketimpangan pendapatan 0,32 persen, dibawah rasio gini nasional sebesar 0,39 persen. Inflasi NTT Tahun 2017 adalah  2 persen, di bawah rata-rata nasional yang berada pada angka 3,61 persen.

“Indikator-indikator ini memperlihatkan fundamen ekonomi daerah kita semakin kuat,” kata Lebu Raya.

Provinsi NTT saat ini masuk dalam sentra jagung nasional urutan kedelapan, padi urutan kelima belas, ternak sapi urutan kelima, produksi perikanan urutan kesepuluh dan produksi rumput laut urutan kedua.