Jadi Menteri Investasi Sehari, Putri Otonomi Indonesia 2023 Elisha Lumintang Bersemangat Majukan Investasi Daerah

  • Whatsapp
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyerahkan PIN dan ID Card Menteri kepada Juara POI 2023 Elisha Lumintang untuk menjabat sebagai Menteri Sehari didampingi Kabid Politik dan Keamanan Apkasi Joune Ganda (Bupati Minut). (Foto: sonaindonesia.com/humas apkasi)

Jakarta, SonaIndonesia.com – Putri Otonomi Indonesia (POI) 2023 Elisha Lumintang hadir di Kantor Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mendapatkan pengalaman menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM selama sehari pada Senin kemarin (11/9/2023).

Elisha, menyabet gelar POI 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), merupakan perwakilan dari Kabupaten Minahasa Utara. Prosesi serah terima jabatan secara simbolik dilakukan langsung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Kantor Kementerian Investasi/BKPM dengan disaksikan oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E. Ganda, yang juga merupakan Ketua Bidang Politik dan Keamanan APKASI, serta sejumlah pejabat Kementerian Investasi/BKPM.

Bacaan Lainnya

Bahlil berseloroh bahwa jabatan ini akan dilepas kepada Elisha selama beberapa jam ke depan sebagai satu-satunya orang Manado yang menjadi Menteri Investasi. Menurut Bahlil, penting untuk teman- teman daerah mempunyai wawasan terhadap tugas kenegaraan, khususnya terkait investasi. Beliau juga berpesan agar Elisha menjalankan tugas dengan baik sebagai Menteri Investasi dan mempersilakan untuk bertanya ataupun memanggil deputi di lingkungan Kementerian Investasi/BKPM.

“Terpilihnya adik Elisha sebagai Putri Otonomi Indonesia merupakan pengakuan akan kemampuan pribadi Elisha. Mulai jam ini kamu pimpin rapat. Ini kamu jadi Menteri beneran, tanya apa agenda kamu hari ini dan tanya bagaimana cara membuat keputusan sesuai aturan yang ada,” ucap Bahlil.

Mewakili Dewan Pengurus APKASI, Bupati Minut Joune Ganda merasa bangga atas terpilihnya Elisha sebagai Juara POI yang berasal dari Minahasa Utara. Kesempatan menjadi Menteri Investasi sehari ini menambah kekayaan wawasan bagi POI, karena tidak hanya soal pariwisata namun POI juga belajar memahami lika-liku investasi yang menjadi salah satu kunci pertumbuhan perekonomian Indonesia.

“Kami mewakili 416 kabupaten di seluruh Indonesia ingin menitipkan Juara Putri Otonomi Indonesia. Pelaksanaan ajang ini untuk menggali potensi putri-putri terbaik dari masing-masing kabupaten agar mereka mengetahui potensi investasi dan pariwisata di kabupatennya sendiri. Apalagi Elisha dari Minahasa Utara yang memiliki Likupang, salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas,” ujar Bupati Joune.

Selama sehari, Elisha melakukan berbagai tugas Menteri Investasi/Kepala BKPM serta mendapat fasilitas selayaknya menteri yang mengendarai mobil dinas RI 48 serta didampingi oleh ajudan dan dikawal oleh petugas patroli pengawalan. Elisha mengawali tugasnya dengan berkeliling di lingkungan kantor Kementerian Investasi/BKPM, kemudian melakukan pengecekan data realisasi investasi dan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Command Center Kementerian Investasi/BKPM, memimpin rapat dengan investor dan juga rapat penyusunan regulasi, hingga melakukan rekaman video selaku Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Juara POI 2023 Elisha Lumintang memimpin rapat dalam kapasitas sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM Sehari, di Kantor Kemeninvest/BKPM Jakarta, Senin (11/09/2023). (Foto: sonaindonesia.com/humas apkasi)

Elisha mengungkapkan antusiasmenya untuk menjadi Menteri Investasi sehari dan berterima kasih kepada APKASI dan juga Kementerian Investasi/BKPM atas kesempatan berharga ini. Pengalamannya hari ini membawanya belajar lebih banyak tentang investasi dan perkembangan ekonomi di Indonesia.

“Saya banyak sekali belajar tentang investasi dari pengalaman saya hari ini. Saya mengharapkan dengan adanya jabatan sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM selama satu hari ini, bisa kemudian menjadi obor bagi pemuda-pemudi yang ada di Indonesia untuk meningkatkan passion tentang investasi dan perkembangan ekonomi,” ujar Elisha.

Program menjadi Menteri Investasi sehari merupakan inisiatif APKASI selaku penyelenggara pemilihan POI. Kedatangan POI 2023 didampingi oleh perwakilan APKASI, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Minahasa Utara.

Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia atas hadiah yang diberikan kepada Putri Otonomi Indonesia 2023 berkesempatan menjalankan tugas sebagai Menteri selama sehari.

“Ini bentuk pengakuan kepada Putri Otonomi Indonesia yang berasal dari Daerah/Kabupaten, mereka punya kesempatan mendapat pengalaman bagaimana menjadi seorang pemimpin,” imbuh Sarman.

Sarman menambahkan, dengan pengalaman ini akan menjadi motivasi kepada putrid-putri di Daerah untuk meningkatkan prestasi dan talentanya.

“Pesan untuk Elisha, jadikan ini pengalaman berharga dan motivasi meningkatkan skill dan keahlian untuk meraih masa depan yang cemerlang serta bagikan pengalaman ini kepada putri-putri di daerah,” tambahnya sambil mengatakan Apkasi akan menawarkan pengalaman serupa kepada generasi muda melalui Putri Otonomi Indonesia 2024. (humas apkasi/erkoes)