Jelang Pilkada Serentak, KPUD Lumajang Lakukan Terobosan

oleh -

Lumajang, SonaIndonesia.com – KPU Kabupaten Lumajang terus berbenah dan berkreasi untuk mendongkrak partisipasi pemilih pada pilkada serentak 27 Juni 2018. Diantaranya, KPU Kabupaten Lumajang akan menyediakan TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ramah disabilitas. Penempatan lokasi dan tata ruang TPS dirancang mudah dijangkau.

KPUD Lumajang berjanji akan membuat TPS ramah disabilitas. (Foto : mad/SonaIndonesia.com)

 

Adanya TPS ramah disabilitas tersebut terungkap dalam rapat Koordinasi Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018 di Kantor KPU setempat, Sabtu (30/12/2017).

“Penyandang disabilitas akan memiliki hak sama dalam pesta demokrasi (pilkada),” kata Muhammad Ridhol Mujib, Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Melihat banyaknya jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang maka sudah sepantasnya KPU memberikan fasilitas yang memadai.

“Sementara ini, di Lumajang ada sekitar 7000 an penyandang disabilitas,” tutur Ali Muslimin, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Lumajang, saat dihubungi tim liputan ArahJatim.com melalui telepon.

Lebih lanjut, Ali Muslimin mengapresiasi rencana KPU Kabupaten Lumajang yang akan memberikan perhatian khusus bagi anggotanya. Sebab di pesta demokrasi sebelumnya, anggotanya banyak yang tidak memberikan hak suara karena kesulitan mendatangi TPS.

“Mudah-mudahan rencana itu (TPS ramah disabilitas) benar-benar direalisasikan agar teman-teman penyandang disabilitas bisa menyalurkan hak suaranya dengan nyaman,” pungkasnya.

Pada musim pilkada serentak tahun 2018, terdapat 171 kabupaten kota dan propinsi di Indonesia akan menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, termasuk kabupaten yang berada di lereng gunung Semeru tersebut.(rokhmad)