KIM Mendesak Dibentuk Mulai Dari Desa Hingga Kabupaten

oleh -239 views
Peserta Kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) tentang Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tingkat Kabupaten Sikka yang digelar di Aula Sikka Convention Centre (SCC) jalan Jenderal Ahmad Yani Maumere. (Foto: sonaindonesia.com/ama adonara)

Maumere, Sonaindonesia.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan ilmu dan teknologi yang kian pesat  berdampak pula pada perkembangan kecepatan arus informasi di tengah masyarakat. Dengan demikian, pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten mutlak diperlukan, karena dengan menguasai informasi seseorang dengan mudah menguasai dunia.

Hal ini diungkapkan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sikka, Aloysius A. G. Conterius, S.Sos, ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek)  tentang Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tahun 2018 tingkat Kabupaten Sikka, tahun 2018 di Gedung Sikka Convention Centre (SCC) jalan Jenderal Ahmad Yani Maumere Kelurahan Beru Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka, Rabu (25/4/18).

Hadir pada saat itu antara lain pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sikka, para camat, Managemen Telkomsel Maumere, para lurah dan para Kepala Desa se-Kabupaten Sikka.

Di hadapan peserta Bimtek, Conterius mengungkapkan perlu dibentuk KIM karena zaman sekarang adalah era informasi. Siapa  menguasai informasi bisa menguasai dunia. Saat ini semua menggunakan  teknologi, oleh karena itu pembentukan KIM yang berfungsi untuk meneruskan informasi yang kita peroleh dari pemerintah untuk diinformasikan  kepada masyarakat maupun informasi masyarakat dari satu  warga masyarakat ke masyarakat yang lain.

“KIM adalah wadah yang harus dibentuk dengan organisasi terstruktur bukan hanya di desa dan kelurahan tetapi harus sampai di di tingkat Kabupaten/Kota dan juga didukung dengan jaringan berbasis elektronik,” ujar Conterius.

Ia juga berharap semoga kesiapan wadah ini juga akan ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipersiapkan secara baik sehingga pada saat diimplementasikan dapat berjalan sesuai harapan.