Lakukan 6 Hal ini Di Rumah Saat PPKM Berlangsung

  • Whatsapp

Korensponden : Fitri Aulia | Editor : N. Julians

Tangerang, sonaindonesia.com – Sejak Sabtu, 3 Juli 2021 PPKM Darurat diterapkan untuk wilayah Jawa dan Bali. Hal ini mengharuskan masyarakat untuk membatasi mobilitas mereka dan juga untuk menekan angka kasus Covid-19 yang terus melonjak.

Bacaan Lainnya

PPKM ini di berlakukan sampai tanggal 20 Juli 2021, selama masa PPKM berlangsung Anda bisa melakukan aktivitas untuk mengisi waktu luang selama berada di rumah saja. Berikut ulasannya.

  1. Berolahraga Pagi.

Berolahraga juga bisa Anda lakukan di rumah saja loh. Anda bisa melakukan olahraga Sit up, Push up, Jumping Jack, Squat, dan Angkat Beban. Lakukan seminggu 3 – 4 kali, Anda akan mendapatkan manfaat dari berolahraga. Seperti, menjaga imun tubuh, lebih efektif mengurangi berat badan, menambah nafsu makan, menambah energi, dan membuat tidur lebih nyenyak.

2.Belajar Journaling.

Apakah Anda pernah mendengar istilah Journaling? Journaling ini bukan arti kata dari jurnalistik atau hal-hal yang bersangkutan dengan dunia cetak. Tetapi Journaling berasal dari kata Bahasa Inggris yang berarti mencatat atau merekam hal-hal yang biasa dilakukan sehari-hari. Atau kita bisa menyebutnya sebagai menulis diary.

Kegiatan ini sebenarnya hal yang biasa dilakukan sehari-hari, Journaling adalah cara Anda untuk bisa mengekspresikan diri, mencari inspirasi, juga bisa sebagai alat terapi dan produktivitas. Ada banyak sekali manfaat jika kita melakukan Journaling, yaitu :

  • Menjernihkan pikiran,
  • Memahami diri kita sendiri dengan lebih baik,
  • Mengurangi stres yang berlebih (terapi),
  • Memory keeper (tempat menyimpan kenangan), dan
  • Metode penyembuhan terutama yang berhubungan dengan kesehatan mental (healing).

Bagaimana cara membuat buku journaling? Tenang saja hal ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan buku kosong, alat tulis, dan juga kreativitas. Selanjutnya, Anda bisa menulis apapun yang Anda inginkan. Kalian juga bisa menambahkan dekorasi untuk mempercantik Journalnya.

Walaupun kegiatan Journaling ini seperti biasa saja, tapi sebenarnya memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan mental dan psikis kita loh. Happy Journaling.

3. Belajar Memasak.

Siapa yang memiliki hobi memasak? Kegiatan ini bisa menjadi hal yang menyenangkan loh. Memasak menjadi alternatif untuk menghilangkan stres, dan menghilangkan kejenuhan selama berada di rumah. Anda bisa belajar membuat makanan yang Anda suka. Selain higienis, dan sehat banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan memasak ini.

4. Mendengarkan Musik.

Musik sudah menjadi hal yang lumrah, kita sering mendengarkan musik dimana saja. Sebab, dengan mendengarkan musik membuat mood kita menjadi lebih baik, dan bersemangat.

5. Membaca Novel.

Mungkin, bagi sebagian orang membaca adalah hal yang membosankan, berkutat dengan buku-buku tebal, dan kalimat yang sangat panjang. Akibatnya, kegiatan literasi atau membaca di Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya hanya ada 1 dari 1000 orang yang memiliki minat baca.

Padahal, kegiatan membaca novel bisa membuat kita lebih berimajinasi dengan alur cerita yang kita baca. Menemukan banyak kosa kata baru, membaca dengan lebih cepat dan biasanya memiliki skor kecerdasan yang lebih tinggi.

6. Menonton Film atau Serial Drama di Aplikasi Streaming.

Untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu luang, menonton serial drama bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghibur selama masa pandemi. Terlebih, jika Anda menonton serial drama atau film bergenre komedi. Karena hal ini dapat menghilangkan stres, dan meningkatkan hormon endorfin. Tetapi juga terdapat efek negatifnya loh, seperti terdapat kekerasan, bahasa yang kasar, dan kurang nya rasa empati.

Itulah 6 ide kegiatan yang bisa Anda coba lakukan di rumah, Anda dapat memilih salah satu atau dapat mengombinasikan sesuai dengan keinginan. Ajak keluarga dan orang terdekat untuk mempraktikkannya agar terasa lebih seru dan menyenangkan. Jaga selalu kesehatan, kita kuat, Indonesia bangkit. (fitri aulia-sona)