Panglima TNI Pimpin Sertijab KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji

oleh -65 views
Pejabat baru Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menerima estafet kepemimpinan TNI AL dari pejabat lama Laksamana TNI Ade Supandi. (Foto: Dispen AL/ika)

Jakarta, SonaIndonesia.com – Laksamana TNI Ade Supandi menyerahkan jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dalam suatu upacara militer di Lapangan Trisila, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) dengan Inspektur Upacara (Irup) Panglima TNI Marsekal  TNI Hadi Tjahjanto, Senin (28/5). Upacara serah terima jabatan ini sebagai bentuk estafet tongkat kepemimpinan TNI Angkatan Laut.

Panglima TNI Marsekal  TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan ucapan terimakasih yang tulus kepada Laksamana TNI Ade Supandi S.E., M.A.P, yang telah memimpin TNI AL dengan berbagai kesuksesan dan keberhasilan, serta memberikan pondasi yang kuat bagi generasi selanjutnya.

“Kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M, saya mengucapkan selamat dan sukses atas kepercayaan yang diberikan oleh Negara untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang baru. Dipundak Laksamana-lah, tugas, tanggung jawab dan wewenang sebagai Kepala Staf Angkatan Laut diberikan. Saya yakin dan percaya akan kualitas diri pribadi, kemampuan dan profesionalitas, serta kepemimpinan Laksamana, akan dapat membawa organisasi TNI AL ke arah yang lebih baik”, tegas Panglima TNI.

Pejabat Kasal baru Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, telah dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Kasal di Istana Negara Jakarta pada 23 Mei 2018. Presiden Republik Indonesia langsung menyematkan pangkat bintang empat Laksamana TNI, kepada Kasal baru Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., saat pelaksanaan upacara pelantikan Kasal, di Istana Negara. Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, adalah Perwira kelahiran Kota Cimahi, 14 Mei 1962 yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985.

Berbagai jabatan strategis pernah diembannya, yakni Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada RI Wilayah Timur tahun 2011, Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena Kasal) tahun 2012. Pada tahun 2013 Siwi Sukma Adji pernah menjabat sebagai Kasarmatim dan tahun 2016 menjabat Panglima Armada RI Wilayah Barat (Pangarmabar) kemudian  menjabat Asrenum Panglima TNI dan terakhir sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di TNI AL, Laksamana  TNI Siwi Sukma Adji menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI sejak 2017. (Dispen AL/ika)