Pastikan Penanganan Berjalan Maksimal, Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Erupsi Gunung Semeru

  • Whatsapp

Lumajang, SonaIndonesia.com – Guna memastikan penanganan dampak erupsi berjalan maksimal, Presiden Joko Widodo mengunjungi sejumlah wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021).

Di antara lokasi yang dikunjungi yaitu posko pengungsian, dan aliran lava di Sungai Leprak, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Lumajang. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi langsung menemui para pengungsi di posko pengungsian Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Bacaan Lainnya

Selain menyampaikan duka cita, Presiden juga memberikan paket bantuan berupa makanan, minuman anak dan pakaian. Bahkan sesekali Presiden juga tampak mendatangi posko bermain anak yang rumahnya hancur.

“Saya bersama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru,” ungkap Presiden di hadapan para pengungsi.

Setelah menemui para pengungsi, Presiden melanjutkan kunjungannya ke lokasi yang terdampak awan panas, yakni di aliran Sungai Leprak dan Jembatan Gladak Perak.

Presiden berjanji akan mengintervensi penanganan bencana ini secara serius, baik penanganan darurat maupun penanganan pascabencana.

“Kondisinya mulai membaik dan kita berharap nanti semua bisa kita mulai perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang berbahaya jika dihuni kembali,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, laporan dampak bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) lalu itu mengakibatkan lebih dari 2.970 unit rumah rusak.

Sementara korban jiwa tercatat 22 orang meninggal dunia, 69 luka berat, dan 100 orang lainnya mengalami luka ringan.

Tim gabungan dari Basarnar, BNPB, TNI, Polri dan relawan tengah melakukan upaya pencarian dan pertolongan pada para korban yang dilaporkan hilang. (rokhmad)