PKB Lumajang Laporkan Aksi Pengrusakan APK Caleg dan Capres-Cawapres Nomor Urut 01

  • Whatsapp

Lumajang, SonaIndonesia.com – Puluhan Calon Anggota Legislatif (Caleg) berikut Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lumajang, setelah puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) dirusak, Kamis (4/1/2024).

Kedatangan mereka ini selain melaporkan dugaan pengrusakan yang disengaja, juga untuk menyerahkan identitas terduga pelaku yang dicurigai melakukan aksi pengrusakan.

Bacaan Lainnya

Selain APK Caleg, APK Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 juga menjadi sasaran aksi vandalisme kawanan pelaku.

“Kedatangan kami ke sini (Bawaslu) untuk menindaklanjuti pengrusakan APK kami, baik APK Caleg maupun Capres Amin,” ungkap Eko Adis Prayoga, Sekretaris DPC PKB Lumajang.

Selain PKB, sejumlah APK milik Partai NasDem dan PKS juga tak luput dari sasaran pelaku.

“Selain kami (PKB), APK Caleg dari NasDem dan PKS juga dirusak, khususnya yang terpasang di wilayah Yosowilangun,” tambahnya.

Komisioner Bawaslu Lumajang, Muhammad Farhan membenarkan adanya dugaan aksi pengrusakan APK. Bahkan, pihaknya telah menerima dua laporan atas kasus yang sama.

“Ya, barusan kami menerima laporan perusakan APK,” jawabnya saat dikonfirmasi SonaIndonesia.com.

Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti laporan ini, setelah menerima laporan dari pelapor dan melakukan kajian.

“Langkah kami menerima dulu, nanti akan kita kaji,” tambahnya singkat.

Sebagai informasi, aksi pengrusakan APK ini terjadi di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Yosowilangun, Lumajang. Baik, APK caleg dari PKB, NasDem hingga PKS. (rokhmad)