Ratusan Pelajar SMAN 9 Tangerang Ada di Goa Pindul Yogyakarta, Ada Apa Disana ?

oleh -794 views
Persiapan keberangkatan studi lapangan pelajar SMAN 9 Tangerang menuju ke Yogyakarta. Para pelajar mendapat pengarahan dari pembimbing kegiatan. (Foto: SonaIndonesia.com/ika)

Yogyakarta, SonaIndonesia.com – Bagi pelajar kelas X SMA Negeri 9 Kota Tangerang bulan ini merupakan bulan studi lapangan. Rencana yang disusun beberapa bulan lalu ini merupakan program sekolah dalam rangka pengenalan lingkungan luar sekolah kepada anak didik.

Jumat (9/2/2018) siang, ratusan pelajar kelas X SMAN 9 Tangerang ini diantar dan dilepas orangtua masing masing di titik kumpul Graha Raya Regency Tangerang. Sebagian besar orangtua terlihat terharu saat melepas keberangkatan putra putrinya. Para orangtua berharap agar perjalanan rombongan pelajar dan guru SMAN 9 Tangerang ini menuju Yogyakarta bisa berjalan lancar dan selamat tiba di tujuan.

“Kami berdoa semoga perjalanan anak saya dan rombongan bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan di perjalanan,” ungkap salah seorang orangtua murid.

Bus pariwisata yang akan membawa ratusan pelajar SMAN 9 Tangerang menuju Gunung KIdul Yogyakarta berada titik kumpul Graha Raya Regency Tangerang Selatan. (Foto: SonaIndonesia.com/ika)

Masalah cuaca yang kurang bersahabat juga menjadi perhatian para orangtua. Mereka berharap pihak sekolah bisa lebih peka terhadap perubahan cuaca terutama saat mereka berada di pantai Kukup, Gunung Kidul.

Kekhawatiran para orangtua itu terlihat dalam pembicaraan di forum media sosial.

“Mohon maaf karena cuaca belakangan mengkhawatirkan di perjalanan,” kata Tya salah seorang wali murid.

“Kalau saya mengkhawatirkan di Goa Pindul bu… itu agak rawan mengingat cuaca seperti ini. Kenapa tidak diganti ke keraton Yogyakarta, banyak nilai sejarahnya,” sambung Suandi, orangtua salah seorang siswa.

Sementara itu, guru SMAN 9 Tangerang sekaligus penanggung jawab kegiatan,  Hartanto mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pengelola terkait dengan keamanan dan kenyamanan siswa.

 

Suasana Goa Pindul Gunung Kidul Yogyakarta saat para pelajar SMAN 9 Tangerang tiba di lokasi. Cuaca cerah dan bersahabat. (Foto: SonaIndonesia.com/ist)

“Tentang objek wisata, kami selalu pantau keamanan dan kenyamanan kepada pengelola. Kalau membahayakan kami segera cari ganti,” jawab Hartanto.

Studi lapangan SMAN 9 Tangerang ini diikuti oleh seluruh pelajar kelas X. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan tujuan Yogyakarta. Tempat wisata yang dikunjungi adalah Goa Pindul, Pantai Kukup, Malioboro hingga ke candi Borobudur. Setiap siswa dikenakan biaya sebesar kurang lebih 1,3 juta rupiah. Dari 3 hari perjalanan tersebut peserta hanya menginap semalam di hotel Citradream Yogyakarta yakni pada sabtu (10/2/2018) malam dan selebihnya menginap di perjalanan. Para siswa akan kembali ke Tangerang pada hari Senin (12/2/2018). (ika)