Bangun Herd Immunity, 250 WBP Lapas IIA Pamekasan Divaksinasi

  • Whatsapp

Pamekasan, SonaIndonesia.com – Sebanyak 250 warga binaan pemasyarakatan (WBP) penghuni Lapas Kelas IIA Pamekasan menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (13/7/2021). Dengan tertib dan menjaga jarak, para WBP berjalan rapi menuju aula Lapas untuk menerima vaksin.

WBP yang menerima vaksin adalah mereka yang sudah tercatat dan memenuhi syarat administrasi serta secara sadar dan sukarela bersedia untuk divaksin.

Bacaan Lainnya

Vaksinasi diselenggarakan dalam rangka penguatan imun guna memutus mata rantai persebaran Covid-19 di lingkungan Lapas. Kegiatan vaksinasi ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan bekerjasama dengan Kodim 0826 Pamekasan.

Sebelum divaksin, para warga binaan melalui tahapan tracing, swap antigen dan skrining untuk memastikan layak tidaknya WBP tersebut menerima suntikan vaksin.

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi, para WBP ini sudah melalui tahapan demi tahapan proses dalam pemberian vaksin sesuai prosedur yang ada dari kementerian kesehatan, karena bagaimapaun para warga binaan ini merupakan anak bangsa,” ujar Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan M. Hanafi.

Vaksin ini lanjut Hanafi, hanyalah sebagai penguat tubuh atau antibodi agar tubuh seseorang memiliki kekuatan dan kekebalan dalam menghadapi virus Covid-19 yang semakin mewabah sampai ke pelosok negeri.

Sementara di tempat terpisah, Kepala KPLP Lapas IIA Pamekasan, Leksono Novan S. mengingatkan para WBP agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun sudah divaksin para warga binaan pemasyarakatan harus tetap mengikuti prokes Covid-19 dengan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” imbuhnya.

Novan berharap warga binaan (WBP) tetap menjaga pola hidup sehat, karena menurutnya semua proses ini adalah bagian dari ihktiar bersama dalam melawan pandemi Covid-19. (ndra)