DMI dan MUI Ajak Generasi Muda Isi Malam Tahun Baru Dengan Khotmil Quran

  • Whatsapp

Tangerang, SonaIndonesia.com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Cabang Karang Tengah Kota Tangerang, Banten mengajak kaum muda milenial agar mengisi pergantian tahun dengan kegiatan yang bermanfaat dan menjauhkan diri dari kegiatan hura hura dan pesta pora.

Karena itu, DMI menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pemerintah Kecamatan Karang Tengah dan seluruh DKM Masjid menggelar acara Khotmil Quran, Dzikir Muhasabah dan Doa Untuk Negeri sekaligus Haul Hj. Suhanah bertempat di Masjid Agung Al Ikhlas Ciledug, Jumat (31/12/21) malam.

Bacaan Lainnya

Khotmil Quran dimulai setelah ibadah salat isyak berjemaah hingga menjelang pergantian malam tahun baru. Setiap jemaah yang hadir dibagi Alquran untuk dibaca hingga khatam.

Banyaknya jumlah jemaah dan generasi muda yang hadir membuat usaha mengkhatamkan Alquran tidak butuh waktu lama.

“Generasi muda adalah tanggung jawab kita semua. Sebagai orang tua tentu kita bisa mengarahkan agar mereka datang ke masjid dan mengisi dengan ibadah, muhasabah serta berdoa untuk keselamatan negeri,” kata Rohimuddin Husein, Ketua DMI Karang Tengah.

Acara ini dihadiri oleh alim ulama, habaib, pengurus DKM Masjid, tokoh masyarakat serta jajaran Muspika Ciledug Raya.

Muhasabah dipimpin oleh Ustaz Rohimuddin Husein, Ketua DMI Karang Tengah. Tak sedikit jemaah yang meneteskan air mata saat Ustaz Rohimuddin melantunkan doa doa muhasabah. Menangis mengingat dosa dan khilaf dengan harapan di penghujung tahun 2021 Allah SWT menghapuskan dosa dan khilaf.

Suasana acara Khotmil Quran, Dzikir Muhasabah dan Doa Untuk Negeri di Masjid Agung Al Ikhlas Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Jumat (31/12/21) malam. (Foto: sonaindonesia.com/ika)

Sementara itu, H. Husein, Ketua DKM Masjid Agung Al Ikhlas dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir mengikuti acara khotmil quran dan dzikir muhasabah serta doa untuk negeri.

Acara yang digelar bersamaan dengan haul hj. Suhanah ini tambah H. Husein, diharapkan menjadi momentum untuk refleksi diri dan mengenang pribadi almarhumah yang juga istri Ketua DKM Masjid Agung Al Ikhlas sebagai pribadi yang mencintai Alquran.

“Kemana saja Hj. Suhanah pergi, beliau selalu membawa Alquran dan membaca Alquran, baik di rumah maupun sedang dalam perjalanan,” kata H. Husein yang juga pernah menjadi pengawal Presiden pertama Ir. Soekarno.

Mewakili Muspika, Camat Karang Tengah Kota Tangerang, Malkan mengajak seluruh masyarakat agar berdoa bersama untuk keselamatan negeri dari berbagai bencana baik penyakit maupun bencana alam.

“Kami bersama jajaran muspika yang terdiri dari Kapolsek dan Danramil mendukung penuh kegiatan yang digagas oleh DMI dan MUI ini dengan tujuan menjadikan generasi muda yang beriman dan jauh dari kegiatan negatif dan berpesta pora di malam pergantian tahun baru,” kata Malkan.

Sementara itu, Kominfo DMI Karang Tengah, Insan Kamil kepada wartawan mengatakan kegiatan ini merupakan inisiasi pertama Dewan Masjid Indonesia Karang Tengah untuk melakukan kegiatan serentak di setiap masjid jelang pergantian malam tahun baru.

“Khotmil Quran dan Dzikir Muhasabah ini akan menjadi program tahunan DMI dan MUI untuk mengawal generasi muda milenial agar tidak terjebak dengan kegiatan maksiat seperti pesta miras, pergaulan bebas dan kegiatan pesta pora setiap pergantian malam tahun baru,” kata Insan Kamil yang juga wartawan senior serta konsultan media itu.

Acara semakin semarak dengan suguhan irama hadrah yang dibawakan oleh para remaja masjid. (ika)