Gandeng Bupati dan Pegiat Lingkungan, Perhutani Tanam Ratusan Pohon di Pesisir Selatan Blitar

  • Whatsapp
banner 728x90

Blitar, SonaIndonesia.com – Guna menghijaukan kawasan pesisir pantai selatan, Perhutani KPH Blitar melaksanakan kegiatan penanaman pohon, Minggu (21/3/2021).

Berbagai jenis pohon ditanam di Kawasan Hutan RPH Sumberboto BKPH Lodoyo KPH Blitar, di antaranya pohon cemara udang, pohon nyamlong , pohon beringin, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya
banner 400x130

Kegiatan penghijauan ini diikuti sekitar 150 orang, di antaranya Bupati Blitar Rini Syarifah dan para pegiat lingkungan.

Administratur Perhutani KPH Blitar Teguh Jati Waluyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Blitar, yang dengan antusias memperhatikan lingkungan di areal pesisir laut selatan, dengan ikut melakukan penanaman pohon bersama.

“Penanaman ini akan berkelanjutan dan diadakan di wilayah sepanjang pantai laut pesisir laut selatan. Mulai Pantai Sanggar, Pantai Sine, Pantai Kedungtumpang, Pantai Tambakrejo, dan pantai lainnya yang masuk wilayah Blitar nanti akan ditanami dengan tanaman yang bisa hidup untuk mengembalikan fungsi hutan, utamanya menyelamatkan sumber mata air,” terang Teguh Jati, Administratur Perhutani.

Sementara, Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutannya berharap, bahwa kegiatan gerakan menanam di bibir pantai seperti yang dilakukan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Setiap warga masyarakat bisa rutin menanam.

“Menanam di bibir pantai seperti ini, selain untuk menahan embusan angin juga berguna untuk membentuk ekosistem. Kalau hutannya gundul, maka ekosistem akan terputus dan berakibat pada pemanasan global,” kata Bupati Blitar Rini Syarifah.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Blitar secara simbolis melakukan penanaman di lereng Putuk Pantai Pasetran Gondo Mayit didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto dan beberapa perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blitar.

“Ke depannya kami ingin agar wilayah Blitar selatan dijadikan Wisata Pesona Blitar Selatan. Apalagi sebentar lagi kan jalur lintas selatan segera jadi. Yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Blitar Selatan,” tambah Rini Syarifah.

Di lokasi penanaman, Ketua Djawa Dwipa, Suwondo mengatakan, pihaknya dan anggota pengurus penyelamat lingkungan akan terus dan terus menanam. Dan menjaga pertumbuhan seluruh tanaman di lokasi pesisir selatan, agar hutan bisa kembali hijau.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan penyelamatan sumber mata air di wilayah sempadan sungai. Sehingga areal di tepi pantai harus ditata dan di selamatkan sehingga akan terbentuk ekosistem yang baik. Dengan terbentuknya ekosistem yang baik akan mempengaruhi semua kehidupan, baik hewan maupun tumbuhan akan terjaga dengan baik,” ujar Suwondo.

Kegiatan penanaman ini berhasil berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Blitar, Perhutani dan pegiat lingkungan. Sehingga hubungan ini harus dijaga, tidak hanya Pantai Pasetran ini yang kita tanami, wilayah lainnya juga akan kita agendakan penanaman.

Selain melaksanakan kegiatan penanaman bersama, KKPH Blitar juga melakukan pembagian bibit pohon Kayu Putih di depan Kantor Perhutani kepada masyarakat yang melintas di jalan raya.

“Jumlah bibit yang dibagikan sebanyak 300 pohon jenis pohon kayu putih. Kegiatan ini juga dalam rangka HUT Perhutani ke-60,” pungkas Teguh Jati Waluyo, Administratur Perhutani KPH Blitar. (mua)