Gerobak Sapi Yang Menginspirasi Anak Anak Desa Terpencil

oleh -158 views
Gerobak sapi yang disulap menjadi perpustakaan keliling sangat membantu anak anak di desa terpencil di Kabupaten Pesisir Barat. (Foto: SonaIndonesia.com/asp)

Pesisir Barat, SonaIndonesia.com –Ketersediaan sarana pendidikan di sejumlah daerah terpencil masih jauh dari harapan. Salah satu daerah terpencil di propinsi Lampung yang masih haus dengan bacaan adalah Desa Wayharu Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat. Sebuah perkampungan yang berjarak 250 kilometer dari pusat kota Kabupaten Pesisir Barat.

Anak anak di kampung ini merindukan rumah bacaan dan buku buku baru agar mereka lebih mengenal dunia luar. Adalah Komunitas Motor Trail (Lampung Out Door) dan Armada Pustaka Lampung menyulap gerobak sapi menjadi tempat arena membaca ratusan anak sekolah yang tinggal di desa terpencil ini.

Saat gerobak sapi itu datang anak anak langsung menyerbunya dan mencari buku bacaan yang mereka suka. Karena keterbatasan transportasi, gerobak pustaka hanya bisa mengunjungi tempat itu sepekan sekali.

“Saya berharap gerobak pustaka lebih sering datang ke desa kami agar anak anak kami bisa lebih sering membaca,” harap seorang warga bernama Margono.

Warga berharap anak anak mereka kelak menjadi anak yang berwawasan luas. Maka kehadiran gerobak pustaka benar benar membantu mereka.

“Karena dengan membaca, pengetahuan dan semangat anak-anak untuk belajar akan meningkat,” tambah Margono.

Anak anak sekolah di kampung Wayharu Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat Lampung senang dan menyerbu gerobak baca yang hanya datang seminggu sekali. (Foto: SonaIndonesia.com/asp)

Sejumlah sekolah di desa ini tidak memiliki perpustakaan, sehingga dengan hadirnya gerobak pustaka sangat membantu anak anak.

“Di tempat saya mengajar tidak ada perpustakaan sekolah. Jangankan itu, bangunan sekolah disana masih berdinding papan, beratap seng, dan berlantai tanah,” kata Isdiarto, guru salah satu SDN di desa Wayharu.

Sugeng Hariyono, penggiat literasi di Lampung mengatakan hingga kini buku-buku gerobak sapi pustaka masih terbatas jumlahnya. Untuk itu, bagi masyarakat yang akan donasi bisa setiap tanggal 17 mengirim buku gratis melalui PT Pos Indonesia dengan mencantumkan kode ”BERGERAK” dan dialamatkan kepada Gerobak Sapi Pustaka Jalan Lintas Wayharu / Pasar Wayheni Pekon Sumberrejo RT. 01 RW. 01, Bengkunat Belimbing, Pesisir Barat 34883. Sertakan juga nomor telepon penerima 081272071960 dan 081271849888.(Asp)