Inilah Kaidah Membangun Rumah Islami

  • Whatsapp
Petunjuk Membangun Rumah Islami. (Foto: jendelakabar.com)

Malang, SonaIndonesia.com – Rumah adalah sebuah bangunan yang mempunyai fungsi sebagai tempat tinggal dan berkumpulnya suatu keluarga. Rumah juga merupakan tempat seluruh anggota keluarga berdiam dan melakukan aktivitas yang menjadi rutinitas keseharian. Memiliki sebuah rumah sudah pasti menjadi impian bagi setiap orang dan tentunya bagi pasangan suami istri.

Ustad Muhamad Ghozali, MA menjelaskan, meskipun Rasulullah SAW sendiri tidak memberikan contoh dalam mendesain rumah, tapi dari sunah yang ada, hendaknya hal itu dijadikan acuan atau pegangan Muslim dalam membuat dan mendesain sebuah rumah. Di antara hal yang harus diperhatikan adalah :

1. Membangun rumah dekat dengan masjid

Karena mengingat lemahnya iman pada umat Islam dan pengaruh lingkungan yang banyak sekali kemaksiatan, hal ini dimaksudkan agar memudahkan setiap orang untuk menunaikan shalat berjamaah dan ibadah yang lainnya di masjid.

2. Memilih tetangga yang baik

Lingkungan yang dekat dengan kemaksiatan atau tetangga yang buruk memiliki pengaruh yang luar biasa pada sebuah keluarga. Jika kita memiliki tetangga yang baik maka hidup akan merasa nyaman dan tenang.

3. Membangun rumah ditempat yang sehat

Menjauhi tempat-tempat yang kotor, seperti dekat tempat pembuangan sampah, dekat genangan air, dan sebagainya. Karena kebersihan dan kesucian adalah sebagian dari iman, serta lingkungan juga menunjukkan pribadi si penghuninya.

4. Jangan membuat rumah yang banyak kaca

Agar tidak ada orang luar yang bisa melihat ke dalam rumah, karena rumah adalah rahasia dan kehormatan serta untuk menjaga aurat keluarga kita dari pandangan orang lain.

5. Membuat rumah dengan kamar yang banyak

Jika ada tamu yang ingin bermalam kita bisa membantunya menyediakan kamar. Tapi hendaknya kamar tamu terpisah dari ruang keluarga sehingga tidak memungkinkan tamu bisa melihat aktivitas keluarga dengan bebas.

6. WC atau toilet jangan menghadap/membelakangi Kiblat 

Karena ada larangan Rasulullah SAW. Meskipun ada khilaf, jika tertutup dengan bangunan maka diperbolehkan. Tetapi untuk kehati-hatian lebih baik menghadap ke arah lain.

7. Jangan meninggikan bangunan

Karena itu termasuk tanda-tanda hari kiamat sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW ketika ditanya oleh Malaikat Jibril.

8. Membuat rumah yang bisa didatangi malaikat

Jangan memelihara anjing dan jangan letakkan lukisan dan patung yang menyerupai makhluk bernyawa.

9. Buatlah rumah yang indah

Bisa dilakukan dengan menanam pohon yang teduh dan sejuk. Sehingga rumah anda mendapat oksigen yang dikeluarkan pohon tersebut. (yola)